Catatan Kecil

Home » Unik » Kepiting Ternyata Mampu Berlari Maraton Selama Lima Hari

Kepiting Ternyata Mampu Berlari Maraton Selama Lima Hari

Advertisements

Australia – Dunia ilmu pengetahuan memang penuh misteri. Binatang dengan bentuk yang kecil dan tampak lemah sebenarnya punya kekuatan yang belum tentu dapat dilakukan manusia. Salah satu binatang kecil yang tengah diteliti para ilmuwan adalah kepiting. Menurut mereka, kepiting memiliki keistimewaan karena dapat berlari maraton selama lima hari berturut-turut.
 

 
Kini sejumlah peneliti dari Universitas Bristol mengamati kehidupan kepiting merah yang ada di daerah Burrows Pulau Christmas, Australia. Selama musim kering, kepiting-kepiting di pulau ini tidur dan bermalas-malasan di lubang-lubang di dalam maupun luar pasir. Namun ketika memasuki musim hujan, terjadi perubahan yang dramatis pada mereka.

Saat musim hujan, mereka tiba-tiba menjadi sigap dan kuat. Kepiting-kepiting itu juga mampu berlari selama lima hari. Apa yang terjadi? Menurut para peneliti, terjadi perubahan pada otot kaki kepiting ketika memasuki musim hujan karena mereka harus melakukan migrasi. “Otot kaki yang semula lembek menjadi keras dan kuat,” kata Progfesor biologi dari Universitas Bristol, Mark Viney.

Hanya dengan pemanasan selama sepuluh menit, dia mengatakan ribuan kepiting itu dapat berlari 12 jam dalam sehari selama lima hari tanpa istirahat atau berhenti sejenak. Menurut Viney, otot yang ada pada kepiting memang berbeda, sebagaimana perbedaan antara otot kaki dengan otot yang bekerja pada jantung. “Karena fungsinya juga berbeda-beda,” katanya.

Kini, para peneliti masih menganalisa secara genetis apa penyebab perubahan otot pada kaki kepiting tersebut. Caranya, dengan mengambil contoh otot kaki kepiting selama musim kering dan musim hujan pada saat mereka bermigrasi.
 

 
[ Recent Posts ] :

Advertisements

| Ingin Berkomentar Atau Meninggalkan Pesan...Cukup Dengan Mengisi Pesan / Komentar, Nama Dan Email Anda Pada Kotak Komentar ini (Pada Kolom/Pengisian Website Bisa Dikosongkan, Bila Tidak Memiliki Website Atau Blog) |...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

[ Daftar Isi ]

%d bloggers like this: