Catatan Kecil

Home » Automotive » Komparasi Blade, New Smash, Edge dan New Jupiter-Z

Komparasi Blade, New Smash, Edge dan New Jupiter-Z

Advertisements

MOTOR Plus melakukan komparasi atau adu fitur, kini dilakukan perbandingan lagi. Fokus perhatiannya pada prosedural untuk perawatan atau perbaikan sebuah motor.

Misalnya, hal yang mudah saja, bagaimana seseorang ingin mengecek level air aki di motornya. Apa saja yang harus dilakukan. Perlu mencopot cover atau tidak. Atau malah tinggal tengok aja langsung kelihatan batas ketinggian.

“Untuk motor memang perlu dilakukan pengecekan secara berkala. Pengecekan ini bisa dilakukan sendiri oleh pengendara,”

Dari beberapa prosedur perawatan, ada 5 tahap perawatan atau perbaikan yang mungkin sering dilakukan oleh pengendara. Yakni cek air aki. Berikutnya, cek busi. Selanjutnya, cek batas ketinggian dan pengisian minyak rem depan, setelah itu, cek karburator. Misalnya menyetel langsam. Dan terakhir, cek ketegangan rantai serta angin.

Kelima pengecekan ini dilakukan pada 4 motor dari 4 pabrikan Yakni Honda Blade, Kawasaki Edge, Suzuki New Smash dan Yamaha New Jupiter-Z.

CEK KARBU

Di antara prosedur perawatan atau perbaikan yang dilakukan. Membuka atau melakukan pengecekan karburator tergolong yang paling sulit. Karena posisinya paling dalam, sehingga tidak bisa langsung buka baut saja.

Dari keempat varian, seluruhnya mesti buka cover. Namun memang di antara varian itu ada yang buka setengah dan ada pula yang mesti buka full. Yup! Dengan satu cover pun, karbu sudah bisa dilepas. Tapi tak ada salahnya jika sobat ingin melepas kedua cover kok.

Kawasaki Edge, butuh waktu lumayan lama lho! Itu karena untuk mengecek karbu, setidaknya ada empat bagian dari fairing yang musti dibuka. Termasuk cover depan. Dengan itu, total baut yang musti dibuka ada sekitar 24 buah. Kondisi ini, membuat Edge butuh waktu paling lama untuk servis karbunya.

Untuk Blade dan Suzuki Smash, agak sedikit lebih cepat. Karena hanya satu atau dua bagian dari cover yang musti dibuka, barulah karburator bisa terlihat atau dilepas.

Untuk Suzuki New Smash perlu membuka 7 baut pada cover sebelah kanan. Dan proses membuka bautnya juga tidak terlalu sulit.

Sedang untuk Honda Blade memerlukan waktu lebih lama dibanding dengan New Smash. Ada 14 baut yang mengikat cover bawah sebelah kanan.

Untuk Yamaha New Jupiter-Z sekadar untuk menyetel langsam bisa dilakukan tanpa buka baut. Namun jika sudah bongkar karburator, mesti buka bodi tengah dan depan yang menjadi satu kesatuan. Ada sekitar 14 baut untuk membuka itu semua.

Kalau dilhat dari proses ini, Suzuki New Smash memang paling mudah untuk membongkar karburator. Sedang Kawasaki Edge tergolong paling susah untuk sekadar memperbaiki komponen pengabut bahan bakar dan angin.

MINYAK REM

Guna mengecek dan mengisi minyak rem di master depan, paling mudah ditawarkan Honda Blade 110R. Yap, itu karena master rem lebih terbuka. Artinya, tidak tertutup atau terhalang batok atawa cover setang.

Untuk membuka penutup master rem, Blade cuma butuh waktu beberapa detik. Kondisi ini sedikit berbeda dengan kompetitornya. Terutama Kawasaki Edge. Boleh dibilang, Edge memiliki banyak baut yang musti dibuka untuk sekadar melepas cover setang.

Setidaknya ada 6 baut yang musti dibuka. Itu juga termasuk buka dua baut cover bagian dalamnya. Sehingga untuk melepas cover setang, Edge memerlukan waktu cukup lama.

Namun untuk sekadar melihat tingkat ketinggian minyak rem, cukup mudah. Karena posisi master atasnya lumayan terbuka, sehingga melongok sedikit saja sudah kelihatan batas ketinggiannya.

Untuk Suzuki Smash juga butuhkan waktu yang tidak sebentar. Itu karena untuk mengisi minyak rem, sobat juga musti melakukan hal yang sama dengan Kawasaki Edge.

Yup! Buka cover setang. Tapi, lamanya waktu sedikit lebih cepat ketimbang Edge. Itu karena hanya 6 baut saja yang musti dibuka.

Hal yang sama juga berlaku pada Yamaha New Jupiter-Z. Bebek baru Yamaha ini kudu membuka cover lampu depan untuk sekadar melihat dan menambah pengisian minyak rem. Ada sebanyak 4 baut sebelum membuka tutup master depan.

Dari keempat motor ini terlihat membuka minyak rem Honda Blade terbukti paling dimudah dilakukan. Namun untuk membuka yang lain juga tidak terlalu sulit, hanya saja membutuhkan waktu lebih lama.

TEKANAN ANGIN

Perawatan atau pengecekan yang krusial yakni soal tekanan angin. Tiap pabrikan telah memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk melihat berapa tekanan angin yang ideal untuk kendaraannya.

Di motor Honda Blade, Kawasaki Edge, Suzuki New Smash dan Yamaha New Jupiter-Z tergolong mudah melihat semua cek list ini. Posisinya di lengan ayun sebelah kiri. Ada stiker yang bertuliskan berapa ukuran psi ban depan juga ban belakang. Bahkan, pihak pabrikan juga memberikan berapa mm ukuran ideal untuk ketegangan rantai.


BUSI

Kemudahan membuka pemantik api ditawarkan Suzuki New Smash 110 dan Kawasaki Edge.

Hanya bermodalkan kunci sok 16 mm yang ditambah adaptor lagi, busi pun mudah dibuka hanya dalam hitungan beberapa detik. Itu karena lubang busi tak terhalang fairing. Pada New Smash dan Edge, posisi antara cover samping dan kepala busi sangat lowong sehingga memudahkan pengendara memasukkan kunci sok. Sedang Honda Blade 110R cukup sempit, perlu kunci busi konvensional yang fleksibel. Pada Yamaha New Jupiter-Z buka busi harus membuka cover samping. Ada sebanyak 14 baut cover. Waktu yang dibutuhkan untuk membuang sebuah busi di New Jupiter-Z lumayan lama.

AKI

Honda Blade dan Suzuki Smash punya tawaran yang sama. Untuk lakukan pengecekan battery alias aki, cukup buka bagian bagasi. Tapi tetap ya, musti buka satu baut penutup aki. Begitunya hanya dalam hitungan detik kok.

Oh ya, untuk Blade lebih dipermudah lagi. Sebab Blade aplikasi tipe aki kering alias free maintenance. Jadi, sobat gak perlu cek ketinggian air aki lagi tuh. Tapi tetap gak ada salahnya lakukan pengecekan. Sedikit beda untuk Kawasaki Edge. Edge meletakan aki di bagian samping kanan bawah. Untuk mengecek sumber kelistrikan itu, sobat kudu melepas dua baut penutup luarnya. Sedangkan Yamaha New Jupiter-Z cukup buka 1 baut cover. Semua varian tergolong mudah.

 

[ Recent Posts ] :

Advertisements

| Ingin Berkomentar Atau Meninggalkan Pesan...Cukup Dengan Mengisi Pesan / Komentar, Nama Dan Email Anda Pada Kotak Komentar ini (Pada Kolom/Pengisian Website Bisa Dikosongkan, Bila Tidak Memiliki Website Atau Blog) |...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

[ Daftar Isi ]

%d bloggers like this: