Catatan Kecil

Home » Automotive » Harley-Davidson Pea Shooter 1925

Harley-Davidson Pea Shooter 1925

Advertisements

SEPEDA motor balap ringan Pea Shooter bergaya elegan ini adalah single-seater yang hadir setelah AMA (American Motorcyclist Association) meluncurkan kompetisi kelas balap 21 cubic inci pada tahun 1925. Saat itu produsen sepeda motor Indian sudah siap dengan model Prince, tidak demikian dengan Harley.
 

 
Milwaukee pun bersiap dan dalam beberapa bulan mereka mendesain dan membangun dua motor single nya. Satu menganut model side-valve flathead, lainnya menggunakan overhead valve (OHV). ‘S’ adalah versi balap OHV dengan terobosan kepala silinder yang dapat dilepas-pasang seperti yang nampak pada gambar.

Motor ini dikenal sebagai ‘Pea Shooter’ alias kacang penembak? berkat suara knalpotnya yang khas. Bobotnya hanya 98kg dan mesinnya yang tergolong hebat kala itu merupakan prestasi yang luar biasa. Banyak motor yang seharusnya menjadi tunggangan balap berakhir sebagai mesin jalan raya. Mereka mejadi pilihan populer bagi para penggemar di Eropa, dan beberapa digunakan sebagai motor harian.

Gambar ini adalah sebuah 28S dalam kondisi yang sangat baik dengan warna kusam khas yang menegaskan usianya yang sudah cukup lama. Dijual dengan harga US$60 ribu di sebuah diler ‘Yesterdays’ di Belanda.
 

 
[ Recent Posts ] :

Advertisements

2 Comments

  1. Marlane says:

    I wanted to get your RSS Feed but feed site showing me some crazy xml errors.

    Like

| Ingin Berkomentar Atau Meninggalkan Pesan...Cukup Dengan Mengisi Pesan / Komentar, Nama Dan Email Anda Pada Kotak Komentar ini (Pada Kolom/Pengisian Website Bisa Dikosongkan, Bila Tidak Memiliki Website Atau Blog) |...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

[ Daftar Isi ]

%d bloggers like this: