Catatan Kecil

Home » Automotive » SLS AMG, Supersport Buatan Tangan Kebanggaan Mercedes-Benz

SLS AMG, Supersport Buatan Tangan Kebanggaan Mercedes-Benz

SINDELFINGEN, Inilah produk Mercedes-Benz yang diposisikan berada pada puncak piramida produknya. Ia sekaligus dijadikan ikon kehebatan produsen mobil premium asal Jerman tersebut di segmen supersport.
 

 
Sensasi gullwing. Pengemar atau pencinta Mercy tentu sudah tahu produk yang satu ini, SLS AMG. Ciri khasnya, pintu membuka seperti sayap burung camar ketika terbang (gullwing). Mobil ini sudah pernah diperlihatkan kepada publik saat debut di Internationale Automobil Ausstellung (IAA) ke-63 di Jerman, September tahun lalu. MB juga memperlihatkan konsep SLS sebagai mobil listrik untuk menyaingi Audio e-tron.

Proses perakitan dilakukan oleh tangan-tangan terampil dan ahli di pabrik terbesar Mercy di Sindelfingen. Agar konsumen tahu progres produksi dari mobil yang akan diluncurkan pada 27 Maret mendatang ini, Mercedes-Benz terus memberikan informasi.

Bukti kemewahan produk Mercy yang satu ini diperlihatkan pada banderolnya. Di Jerman, SLS AMG dijual seharga 177.310 eruo (termasuk pajak). Kalau dikonversi ke rupiah, nominalnya adalah Rp 2.340.492.000 atau sekitar Rp 2,35 miliar.
 

 
Nah, dapat dibayangkan, kalau ada orang Indonesia yang begitu tergila-gila dengan mobil ini, dia harus rela lagi mengeluarkan pajak sehingga harganya menjadi 200 persen dari aslinya, malah bisa lebih! Paling tidak, dia harus mentransfer rekening di bank sekitar Rp 5 miliar untuk mendapatkannya. Wuiih!
Kenyataannya, harga mahal tidak mengurangi minat sebagian orang untuk membelinya. Kendati krisis ekonomi belum pulih betul, Dr Joachim Schmidt selaku Kepala Penjualan dan Pemasaran Mercedes-Benz Cars mengatakan, permintaan terhadap SLS AMG melampaui target. “Ini membuktikan bahwa produk kami yang satu ini sangat diminati,” akunya.
 

 
Teknologi & performa. Tak hanya penampilan yang sensasional, teknologi yang dikandung dan kemampuan yang dimiliki juga hebat. Komponen seperti rangka, sel bodi, dan mesin dibuat dari aluminiun. Hebatnya lagi, mobil ini juga dirakit dengan tangan.

Sasis dan bodi aluminiun dibuat oleh Magna Steyr Fahrzeugthechnik GmbH di Graz, Austria. Inovasi perusahaan tersebut menghasilkan rangka berbobot 241 kg.

Mesin juga dirakit dengan tangan di bengkel AMG, Affalterbach. Mesin  berkapasitas 6,3 liter, V8, mampu menghasilkan tenaga 420 kW (551 PS) dan torsi 650 Nm. Untuk menjaga kualitas mesin, MB menerapkan prinsip satu mesin dipasang oleh satu orang!

Kemampuan SLS AMG juga hebat. Dengan distribusi bobot depan/belakang 47/53 dan postur mobil yang ceper, mobil ini diklaim mampu sprint 0-100 kpj dalam 3,8 detik. Demi keamanan, mobil ini dipasangi pembatas kecepatan elektronik dengan top speed hanya 317 kpj. Adapun konsumsi bahan bakar secara kombinasi, 13,2 liter per 100 km atau rata-rata 7,5 km/liter.

Kemampuan tersebut diperoleh melalui transmisi 7 percepatan dengan kopling ganda, suspensi sport, dan double wishbone berbahan aluminium. Bobot total  berdasarkan standar DIN, 1.620 kg.

“Bila dibuat di Sindelfingen, berarti kualitas produksi dan produknya sangat tinggi. Karena itulah, SLS AMG dirakit di sini,” beber Dr Dieter Zetsche, Chairman Daimler AG dan CEO Mercedes Benz Cars.
 

 
[ Recent Posts ] :


| Ingin Berkomentar Atau Meninggalkan Pesan...Cukup Dengan Mengisi Pesan / Komentar, Nama Dan Email Anda Pada Kotak Komentar ini (Pada Kolom/Pengisian Website Bisa Dikosongkan, Bila Tidak Memiliki Website Atau Blog) |...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

[ Daftar Isi ]

%d bloggers like this: