Catatan Kecil

Home » Tahukah Anda » Misi Menembus Gaza MER-C ke Gaza Lagi Pakai Pinisi

Misi Menembus Gaza MER-C ke Gaza Lagi Pakai Pinisi

JAKARTA, Lembaga kemanusiaan MER-C merencanakan keberangkatan lagi ke Jalur Gaza melalui jalur laut setelah upaya melalui jalur darat masih terhambat. Kali ini bahkan misi tersebut akan menggunakan pinisi. Rencananya kapal tersebut akan diberangkatkan dari Jakarta.

“Kami berencana membeli pinisi. Perjalanannya akan memakan waktu dua puluh sampai tiga puluh hari,” tutur Ketua MER-C Jose Rizal Jurnalis dalam konferensi persnya tentang kepulangan salah seorang sukarelawan MER-C, Nurfitri Taher, Senin (21/6/2010).
 

 
Sebelumnya, MER-C berencana kembali ke Gaza melalui Rafah, Mesir, yang harus mendapat izin dari Mesir. Namun, paspor sukarelawan tersebut ditolak. Rencananya kini mereka bekerja sama dengan negara Turki dan Iran.

“Kalau kami enggak diizinkan, ya kami akan berlayar. Kalau enggak lewat Terusan Suez, ya lewat Amerika Selatan. Intinya jangan menyerah,” tambah Jose. Pelayaran tersebut direncanakan dapat dilakukan sebelum September karena kondisi alam akan menyulitkan pelayaran setelah bulan tersebut.

MER-C juga membuka kesempatan bagi semua pihak untuk bergabung dalam perjalanannya. Namun, persiapan fisik dan kemampuan teknis pelayaran perlu dipersiapkan.

Dalam pelayaran tersebut MER-C juga berkeinginan untuk menggerakkan masyarakat untuk menekan Israel. Salah satu tujuannya adalah membuka blokade Gaza. Selain itu, langkah-langkah hukum juga tengah dipersiapkan oleh MER-C untuk menuntut Israel terkait penyerangan kapal Mavi Marmara.

“Pelayaran ini berbahaya. Risiko ditanggung masing-masing, tidak ada asuransi,” ucap Jose.
 

 
[ Recent Posts ] :


| Ingin Berkomentar Atau Meninggalkan Pesan...Cukup Dengan Mengisi Pesan / Komentar, Nama Dan Email Anda Pada Kotak Komentar ini (Pada Kolom/Pengisian Website Bisa Dikosongkan, Bila Tidak Memiliki Website Atau Blog) |...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

[ Daftar Isi ]

%d bloggers like this: