Catatan Kecil

Home » Automotive » Awas! Komputer Kendaraan Bisa Di-hack Lho!

Awas! Komputer Kendaraan Bisa Di-hack Lho!

SEORANG penulis di majalah PC World yang bekerja pada sistem pengereman dan kontrol stabilitas selama 17 tahun terkadang bergurau pada rekan-rekan kerjanya mengenai meng-update software pada kendaraan orang lain dan memberhentikan mesin mobil mereka dari jarak jauh.

Saat itu, memang belum ada teknologi yang dapat melakukan hal seperti itu, namun kini sangat mungkinkan. Pasalnya para peneliti di Universitas California dan Washington akan menyajikan sebuah makalah pada sebuah konferensi keamanan di Oakland, California pekan depan untuk menguraikan bagaimana mereka bisa meng-hack ke dalam sistem komputer kendaraan.

Ketika unit pengendali elektronik (ECU) pertama kali diterapkan pada kendaraan tahun 1970-an, firmware atau perangkat lunak pada chip memori cukup aman karena seluruhnya menggunakan sistem maskedread-only-memory (ROM) yang tak dapat dimodifikasi. Pada akhir 1990-an, karena sistem menjadi semakin rumit, para insinyur mulai menggunakan flash memory sehingga firmware dapat di-update dengan berbagai perbaikan dan perubahan.

Caranya, dengan menancapkan kabel penghubung khusus pada OBD-II diagnostic port untuk melakukan komunikasi dengan ECU kendaraan, yang sekarang dapat dihubungkan lewat vehice-wide controller area network. Apalagi saat ini tengah mengarah pada era di mana kendaraan nantinya akan terhubung seluruhnya untuk mewujudkan sistem komunikasi antar kendaraan dalam upaya meningkatkan sistem keselamatan pada kendaraan.

Karena mau tidak mau harus menerapkan sistem komunikasi ‘terbuka’, jelas ini akan meningkatkan risiko kendaraan dapat disabotase atau di-hack dari jauh. Contohnya sistem pada OnStar telah memiliki kemampuan untuk memperlambat kendaraan yang dicuri dari jarak jauh.

Ford saat ini tengah mendemonstrasikan produk Fiesta yang dapat men-download aplikasi dan berkomunikasi  dengan sistem kendaraan untuk menyiarkan informasi kendaraan. Tanpa adanya perangkat atau sistem pengaman tambahan yang memadai untuk melindungi ECU, maka akan memungkinkan sekali seseorang dapat men-download aplikasi berbahaya yang berpotensi mengacaukan atau merusak kendaraan.

 

[ Recent Posts ] :


| Ingin Berkomentar Atau Meninggalkan Pesan...Cukup Dengan Mengisi Pesan / Komentar, Nama Dan Email Anda Pada Kotak Komentar ini (Pada Kolom/Pengisian Website Bisa Dikosongkan, Bila Tidak Memiliki Website Atau Blog) |...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

[ Daftar Isi ]

%d bloggers like this: