Catatan Kecil

Home » Tahukah Anda » Seleksi Pimpinan KPK “Gara-gara Rp 10.000, Batal Semuanya”…

Seleksi Pimpinan KPK “Gara-gara Rp 10.000, Batal Semuanya”…

Advertisements

Banyak alasan seseorang dinyatakan tak lolos seleksi administrasi pada proses pencalonan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Misalnya, keahlian dan pengalaman yang tidak sesuai dengan persyaratan. Lalu, ada pula yang tidak memenuhi syarat sehat jasmani dan rohani. Bahkan, ada pula 15 calon yang dinilai terlalu tua atau masih “di bawah umur” menjadi pimpinan KPK.

Namun, ada juga bakal calon yang gagal karena urusan remeh-temeh. Salah satunya, sebagaimana diungkapkan Ketua Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK Patrialis Akbar, yang juga Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, yaitu tak melampirkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian. “Alasannya, tak ada dana untuk mengurus SKCK,” ungkap Patrialis kepada para wartawan, di Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta.

Padahal, pengurusan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) tergolong murah. Dari pengakuan beberapa orang , umumnya mereka mengeluarkan biaya sekitar Rp 10.000 untuk mengurus SKCK, yang biasanya menjadi salah satu dokumen yang harus diserahkan ketika hendak menjadi PNS.

Selain itu, ada pula bakal calon yang terpaksa harus menunda cita-citanya menjadi pimpinan KPK karena lupa menyertakan materai pada surat permohonan yang disyaratkan Pansel KPK. “Di sini dituntut kecermatan seorang calon. Tidak cermat, Pansel anggap tidak lulus,” ujar Patrialis.

[ Recent Posts ] :

Advertisements

| Ingin Berkomentar Atau Meninggalkan Pesan...Cukup Dengan Mengisi Pesan / Komentar, Nama Dan Email Anda Pada Kotak Komentar ini (Pada Kolom/Pengisian Website Bisa Dikosongkan, Bila Tidak Memiliki Website Atau Blog) |...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

[ Daftar Isi ]

%d bloggers like this: