Catatan Kecil

Home » Tahukah Anda » Dua Janda Pahlawan Tegaskan Tidak Mau Serobot Rumah

Dua Janda Pahlawan Tegaskan Tidak Mau Serobot Rumah

Para janda Pahlawan kembali menegaskan bahwa mereka sama sekali tidak bermaksud menyerobot rumah. “Kami hanya ingin mengajukan pembelian rumah, kalau tidak bisa ya tidak masalah,” kata Timoria dalam persidangan hari ini.

Sidang hari ini terhadap dua janda pahlawan, Soetarti Soekarno dan Rusmini, serta Timoria Manurung dalam sidang kasus penyerobotan rumah di Pengadilan Negeri Jakarta Timur didominasi oleh pertanyaan majelis hakim.

Soetarti secara khusus menegaskan bahwa tidak pernah ada pencabutan surat penunjukkan penempatan rumah yang dihuninya selama puluhan tahun. “Setahu saya surat itu tidak pernah dicabut,” katanya.

Menanggapi jawaban itu hakim anggota Tamrin Tarigan kemudian menyebutkan bahwa ada surat pencabutan itu yang bersamaan dengan peringatan dari Pegadaian untuk mengosongkan rumah pada tahun 2008. “Jadi sebenarnya surat itu ada,” katanya.

Sidang yang berlangsung selama kurang lebih 60 menit itu diisi dengan pertanyaan seputar penghunian rumah para terdakwa di Kompleks Perumahan Pegadaian di Cipinang Jaya, Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur.

Majelis hakim mencoba menegaskan kembali masalah penghunian rumah mereka sampai dengan munculnya upaya atau tindakan pengambilalihan rumah oleh pihak pegadaian. Dua janda pahlawan serta Timoria diperiksa dalam satu persidangan yang sama.

Tamrin kemudian menanyakan masalah pengajuan pembelian rumah dari para janda pahlawan serta Timoria. “Kami berdasar pada PP (peraturan pemerintah) No. 40 tahun 1994,” jawab Soetarti. Mendengar jawaban itu, Tamrin kemudian menanyakan ada tidaknya persetujuan dari Perum Pegadaian ataupun Kementerian Keuangan. “Tidak ada,” jawab para janda serempak.

Tamrin kemudian menjelaskan bahwa PP No. 40 tahun 1994 tidak mengharuskan penghuni rumah negara untuk bisa mengajukan pembelian rumah. “Di sana hanya disebutkan bahwa rumah itu dapat dibeli,” katanya.

Sidang akan berlanjut dua pekan mendatang dengan agenda pembacaan tuntutan dari jaksa penuntut umum.

 

[ Recent Posts ] :


| Ingin Berkomentar Atau Meninggalkan Pesan...Cukup Dengan Mengisi Pesan / Komentar, Nama Dan Email Anda Pada Kotak Komentar ini (Pada Kolom/Pengisian Website Bisa Dikosongkan, Bila Tidak Memiliki Website Atau Blog) |...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

[ Daftar Isi ]

%d bloggers like this: