Catatan Kecil

Home » Tahukah Anda » Makanan Super untuk Otak Cerdas

Makanan Super untuk Otak Cerdas

Anda ingin anak Anda berprestasi lebih baik di sekolah? Perhatikanlah dietnya. “Makanan otak” tertentu bisa membantu pertumbuhan otak anak, serta meningkatkan fungsi otak, ingatan, serta konsentrasi.

Bethany Thayer, MS, RD, ahli nutrisi dari Detroit dan juru bicara the American Dietetic Association (ADA) mengatakan, pada kenyataannya, otak merupakan organ tubuh yang sangat kelaparan, organ tubuh pertama yang menyerap nutrisi dari makanan yang kita makan.”Jika Anda memberi tubuh junk food, maka otak akan tetap lapar,” .

Pertumbuhan tubuh membutuhkan berbagai nutrisi, tetapi 10 superfood berikut akan membantu anak-anak tercinta Anda menjadi lebih cerdas.

1. Makanan otak: salmon

Ikan berlemak asam seperti salmon merupakan sumber DHA omega-3 dan EPA yang bagus, keduanya sangat penting untuk pertumbuhan dan fungsi otak, kata Andrea Giancoli, MPH, RD, ahli nutrisi dari Los Angeles.

Pada faktanya, penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi lebih banyak lemak asam dalam diet mereka mempunyai otak yang lebih tajam serta mampu melakukan tes mental yang lebih baik.

Tuna juga merupakan sumber alternatif lemak asam walaupun tidak sekaya salmon.”Tuna merupakan sumber protein yang tidak berlemak, tetapi karena terlalu tidak berlemak jadi tidak mengandung omega-3 seperti salmon,” kata Giancoli.

2. Makanan otak: telur

Telur dikenal sebagai sumber protein yang tinggi, tetapi putih telur juga mengandung choline, yang membantu perkembangan memori. Lengkapilah sarapan pagi anak Anda dengan telur. Anda bisa menyajikannya dalam berbagai variasi.

3. Makanan otak: selai kacang

“Kacang tanah dan selai kacang merupakan sumber vitamin E yang bagus, antioksidan yang potensial untuk melindungi sistim saraf, juga thiamin yang membantu otak dan sistem saraf menggunakan glukosa menjadi energi,” kata Giancoli.

4. Makanan otak: padi-padian/biji-bijian murni

Otak memerlukan suplai glukosa secara terus-menerus, dan padi/beras murni merupakan sumber yang kaya glukosa. Serat membantu regulasi pelepasan glukosa ke dalam tubuh. Beras murni juga mengandung vitamin B, yang menyehatkan sistim saraf.

5. Makanan otak: gandum/tepung havermot

Gandum dalam bentuk sereal panas bagus untuk Anak Anda. Gamdum kaya akan nutrisi dan merupakan “nasi” untuk otak. Gandum menyediakan bahan bakar energi yang bagus untuk otak, ini merupakan hal pertama yang diperlukan anak Anda pada pagi hari.

Gandum juga kaya akan serat dan menjaga asupan makanan otak tetap terjaga saat berada di sekolah. Selain itu, gandum merupakan sumber vitamin E, B, potasium serta seng, yang membuat otak dan tubuh kita berfungsi secara optimal.

6. Makanan otak: buah berry

Strawberries, cherries, blueberries, blackberries. Pada umumnya, semakin kuat warnanya, semakin banyak nutrisi yang dikandung berry. Berry mengandung kadar antioksidan yang tinggi, khususnya vitamin C, yang bisa membantu mencegah kanker.

Studi telah menunjukkan bahwa ekstrak buah berry bisa mempertajam ingatan. Biji buah berry juga merupakan sumber lemak omega-3 yang baik.

Anda bisa mengkonsumsi buah berry dengan cara menambahkannya ke dalam yogurt, sereal panas, atau sesuai dengan selera Anda beserta Anak.

7. Makanan otak: kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber makanan yang istimewa karena mengandung protein dan karbohidrat kompleks, serat, serta berbagai jenis vitamin dan mineral. Makanan ini sangat bagus untuk otak anak karena berfungsi menjaga energi dan daya pikir tetap maksimal di sepanjang siang hingga sore jika mereka mengkonsumsi makanan ini di siang hari.

8. Makanan otak: sayuran berwarna

Tomat, kentang manis, labu, wortel, serta bayam, makanan dengan warna yang kuat, merupakan sumber antioksidan terbaik yang menjaga sel otak tetap kuat dan sehat.

9. Makanan otak: susu dan yogurt

Makanan yang terbuat dari susu kaya akan protein dan vitamin B, kandungan yang penting untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim. Susu dan yogurt juga merupakan sumber protein dan karbohidrat, sumber energi yang lebih baik untuk otak.

Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan 10 kali lebih banyak vitamin D, vitamin yang penting untuk sistim neuromuscular dan siklus-siklus sel pada manusia.

10. Makanan otak: daging sapi yang tidak berlemak

Zat besi merupakan mineral penting yang membantu anak tetap berenergi dan tetap konsentrasi di sekolah. Daging sapi tanpa lemak merupakan salah satu sumber zat besi yang mudah diserap tubuh.

Kenyataannya, 1 ons daging sapi per hari terbukti membantu tubuh menyerap zat besi dari sumber-sumber lainnya. Daging sapi juga mengandung seng yang membantu memperkuat daya ingat.

Kalau Anda beserta anak vegetarian, kacang hitam dan burger kacang kedelai merupakan alternatif non-daging yang kaya akan zat besi. Agar mendapatkan zat besi yang lebih maksimal, Anda bisa mengkombinasikan tomat, jeruk, strawberry, serta sumber vitamin C lainnya dengan kacang-kacangan.

Sembilan Makanan Super untuk Otak

PILIHAN makanan mempengaruhi performa otak anak. Makanan tertentu bisa membantu meningkatkan pertumbuhan serta memperbaiki fungsi otak, memori dan konsentrasi.

Otak, menurut juru bicara American Dietetic Association ( ADA ) Bethany Thayer, MS, RD, adalah organ tubuh yang paling kelaparan. Otak merupakan organ tubuh yang pertama kali menyerap nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi.

“Jika hanya mengonsumsi junk food, otak tentunya akan menderita,” terang Thayer, seperti dikutip situs webmd.com.

Berikut makanan yang bisa meningkatkan fungsi otak anak kesayangan Anda:

Salmon. Ikan berlemak seperti salmon merupakan sumber yang kaya asam lemak omega-3 DHA dan EPA. Kedua komponen ini, menurut pakar nutrisi dari Los Angeles Andrea Giancoli, MPH,  sangat penting untuk pertumbuhan dan fungsi otak.

Penelitian menemukan bahwa orang-orang yang lebih banyak mengonsumsi asam lemak ini melalui diet mempunyai otak yang lebih tajam. Selain itu mereka juga mempunyai performa lebih baik dalam tes keahlian mental.

Telur. Telur dikenal kaya akan protein. Selain itu, kuning telur juga menagndung choline yang membantu perkembangan memori.

Selai kacang.“Kacang dan selai kacang merupakan makanan yang kaya vitamin E, antioksidan kuat yang berfungsi melindungi membran saraf,” terang Giancoli. Selain itu, lanjut dia, selai kacang juga mengandung thiamin yang berfungsi membantu otak dan sistem saraf menggunakan glukosa sebagai energi.

Whole grain. Otak memerlukan asupan glukosa yang konstan, dan whole grain bisa menjadi sumber yang baik. Kandungan serat di dalamnya, terang Giancoli, membantu mengatur pelepasan glukosa ke dalam tubuh.”Whole grain juga kaya vitamin B, yang berfungsi menutrisi sistem saraf.”

Oat/Oatmeal. Oat, terang Sarah Krieger, MPH, RD, LD/N, dari ADA, merupakan satu jenis sereal yang umum dikonsumsi dan sangat baik untuk otak.”Oat menyediakan energi atau bahan bakar otak yang sangat diperlukan anak di pagi hari.”

Oat kaya serat, vitamin E, vitamin B, kalium dan seng. Komponen ini membantu memaksimalkan fungsi tubuh dan otak.

Kacang polong. Menurut Krieger, kacang polong sangat spesial karena mengandung energi dari protein dan karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang polong juga kaya vitamin dan mineral.”Makanan ini sangat bagus karena menjaga energi dan tingkat berpikir anak.”

Sayuran berwarna. Menurut Thayer, sayuran berwarna seperti tomat, ubi jalar, labu, wortel, bayam dan sayuran berwarna pekat lainnya merupakan sumber antioksidan terbaik. Antioksidan berfungsi menjaga sel-sel otak agar tetap kuat dan sehat.

Susu dan yogurt. Produk susu kaya protein dan vitamin B. Kedua komponen ini sangat penting untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim-enzim.”Susu dan yogurt menyediakan protein dan karbohidrat, sumber energi yang sangat baik untuk otak,” terang Thayer.

Daging rendah lemak. Besi merupakan mineral yang sangat penting untuk menjaga agar anak tetap berenergi dan fokus di sekolah. Daging sapi rendah lemak merupakan salah satu sumber terbaik untuk mendapatkan besi. Selain itu, daging sapi juga mengandung
seng yang membantu memori.

 

[ Recent Posts ] :


| Ingin Berkomentar Atau Meninggalkan Pesan...Cukup Dengan Mengisi Pesan / Komentar, Nama Dan Email Anda Pada Kotak Komentar ini (Pada Kolom/Pengisian Website Bisa Dikosongkan, Bila Tidak Memiliki Website Atau Blog) |...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

[ Daftar Isi ]

%d bloggers like this: