Catatan Kecil

Home » Tahukah Anda » Gondang Batak : Seni Musik Khas Batak, Memiliki Makna Yang Luas (Video)

Gondang Batak : Seni Musik Khas Batak, Memiliki Makna Yang Luas (Video)

 

Pengertian Gondang sebagai Ensambel musik

 
Gondang dalam pengertian ensambel musik terbagi atas dua bagian, yakni gondang sabangunan (gondang bolon) dan gondang hasapi (uning-uningan).

Gondang sabangunan dan gondang hasapi adalah dua jenis ensambel musik yang terdapat pada tradisi musik Batak Toba. Secara umum fungsi kedua jenis ensambel ini hampir tidak memiliki perbedaan karena keduanya selalu digunakan di dalam upacara yang berkaitan dengan religi, adat maupun upacara-upacara seremonial lainnya.

Kita akan menemukan perbedaan yang cukup mendasar dari kedua ensambel ini.
 

 

Pengertian Gondang sebagai Komposisi lagu (kumpulan dari beberapa lagu)

 
Sebutan gondang dalam pengertian komposisi menunjukkan arti sebagai sebuah komposisi dari lagu (judul lagu secara individu), atau menunjukkan kumpulan dari beberapa lagu/repertoar, yang masing-masing bisa dimainkan pada upacara yang berbeda tergantung permintaan kelompok orang yang terlibat dalam sebuah upacara, termasuk di dalam upacara kematian saur matua.

Misalnya : gondang si Bunga Jambu, gondang si Boru Mauliate dan sebagainya. Kata si bunga jambu, si boru mauliate dan malim menunjukkan sebuah komposisis lagu, sekaligus juga merupakan judul dari lagu (komposisi) itu sendiri.
 

 
Berbeda dengan Gondang Samba, Samba Didang-Didang dan Gondang Elek-elek (lae-lae). Meskipun kata gondang di sini juga memiliki pengertian komposisi, namun kata sombai, didang-didangi dan elek-elek memiliki pengertian yang menunjukkan sifat dari gondang tersebut.

Yang artinya ada beberapa komposisi yang bisa dikategorikan di dalam gondang-gondang yang disebut di atas, yang merupakan “satu keluarga gondang”.
 

Pages: 1 2 3 4


| Ingin Berkomentar Atau Meninggalkan Pesan...Cukup Dengan Mengisi Pesan / Komentar, Nama Dan Email Anda Pada Kotak Komentar ini (Pada Kolom/Pengisian Website Bisa Dikosongkan, Bila Tidak Memiliki Website Atau Blog) |...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

[ Daftar Isi ]

%d bloggers like this: