Catatan Kecil

Home » Automotive » Jajaki Pasar, Kawasaki Boyong ZX6R ke Pekan Raya Jakarta

Jajaki Pasar, Kawasaki Boyong ZX6R ke Pekan Raya Jakarta

Jakarta:PT Kawasaki Motor Indonesia (PT KMI) memboyong model sport anyar ZX6 R ke gelaran Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang berlangsung 10 Juni – 11 Juli.

Namun, Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Kawasaki di Indonesia itu tak bermaksud untuk memasarkan motor bermesin 599 cc itu, tetapi sekadar melakukan tes pasar.
 

 
“Karena masih ada ganjalan belum adanya kepastian aturan baru tentang Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) jadi kami masih belum bisa menjualnya,” tutur Feddyanto Basuki, Marketing & Research Development Department PT KMI.

Masih alotnya penentuan harga jual motor bermesin 599 cc itu, karena belum pastinya penerapan ketentuan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) oleh pemerintah. Pada Desember 2009, Dewan Perwakilan Rakyat dan Pemerintah telah menyetujui Rancangan aturan Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) baru.

Beleid anyar itu menetapkan tarif PPnBM kini tidak lagi maksimal 75 persen tetapi 200 persen. Namun hingga bulan keenam 2010 ini belum ada kepastian kapan ketentuan itu diberlakukan. “Kami masih menunggu aturan baru itu, karena kami tidak ingin setelah kami sepakat dengan konsumen ternyata aturannya turun dan harga berubah. Tapi, kami berencana tahun ini diluncurkan,” ujar Freddy.

Kendati demikian, kata Freddy, pihaknya saat ini memberi ancar-ancar harga motor sport itu Rp 220 – Rp 250 juta. Besaran harga itu menggunakan asumsi PPnBM 75 persen. Motor yang generasi pertamanya (Ninja 600) diluncurkan pada 1995 itu masih menggendong mesin 599 cc dengan 16 katup dan transmisi enam percepatan.

Mesin sebesar itu mampu menyemburkan tenaga hingga 119 PS pada 12.500 rpm dan torsi maksimum 66,7 Newtonmeter pada 11.800 rpm. Motor ini mampu melesat hingga kecepatan 200 kilometer per jam. Freddy juga mengaku optimistis dengan prospek pasar motor itu.

Kendati saat ini ceruk pasarnya masih kecil, namun menurut dia pasar segmen motor bermesin 600 cc cukup menjanjikan. “Segmen ini merupakan pasar entry level ke segmen motor besar, 1.000 cc. Saat ini pangsa pasar di segmen ini mulai tumbuh di Indonesia,” tandas dia.
 

 
[ Recent Posts ] :


| Ingin Berkomentar Atau Meninggalkan Pesan...Cukup Dengan Mengisi Pesan / Komentar, Nama Dan Email Anda Pada Kotak Komentar ini (Pada Kolom/Pengisian Website Bisa Dikosongkan, Bila Tidak Memiliki Website Atau Blog) |...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

[ Daftar Isi ]

%d bloggers like this: