Catatan Kecil

Home » Automotive » Tulang ‘keropos’ bisa disebabkan makanan dan minuman favorit Anda.

Tulang ‘keropos’ bisa disebabkan makanan dan minuman favorit Anda.

Makanan dan minuman yang Anda konsumsi sangat berpengaruh dalam pada kondisi kesehatan, termasuk tulang. Selama ini mungkin tanpa disadari tulang makin lama makin rapuh, sehingga Anda berisiko tinggi terkena osteoporis.
Perlu Anda tahu, tulang ‘keropos’ bisa disebabkan makanan dan minuman favorit Anda. Maka itu, kenali empat makanan yang bisa menghancurkan mineral pada tulang atau menghalangi kemampuan tulang untuk tumbuh kembali.

1. Garam

Garam meluruhkan kalsium dari tulang, dan melemahkannya dari waktu ke waktu. Untuk setiap 2300 mg garam yang Anda konsumsi, maka berefek pada hilangnya sekitar 40 mg kalsium. Sebuah studi pada wanita pasca-menopause yang membandingkan antara wanita mengonsumsi makanan kaya garam dan yang tidak, menunjukkan wanita mengonsumsi banyak garam kehilangan mineral pada tulang lebih banyak.

2. Minuman bersoda

Minuman bersoda merupakan hal paling berbahaya bagi tulang Anda. Rasa soda pada minuman berkarbonasi sering berasal dari asam fosfat yang bisa meningkatkan ekskresi (pengeluaran) kalsium dalam urine. Sebaiknya, pilih jus atau minuman lain untuk menghilangkan rasa haus agar Anda terhindar dari risiko kerapuhan tulang.

3. Kafein

Efek kafein pada tulang sama seperti garam tetapi angkanya tidak sebesar garam. Yaitu setiap mengonsumsi 100 mg kafein (sama dengan secangkir kopi ukuran kecil hingga sedang), Anda kehilangan 6 mg kalsium. Memang tidak terlalu besar, tetapi usahakan jangan terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein.

4. Alkohol

Alkohol mencegah pembentukan mineral tulang yang didapatkan dari makanan. Minum alkohol dalam jumlah besar juga bisa mengganggu proses pemulihan tulang dan mengganggu kerja sel-sel tulang. Jadi, bukan hanya tulang menjadi lemah, tetapi bila Anda menderita patah tulang, maka sulit untuk sembuh.

 

[ Recent Posts ] :


| Ingin Berkomentar Atau Meninggalkan Pesan...Cukup Dengan Mengisi Pesan / Komentar, Nama Dan Email Anda Pada Kotak Komentar ini (Pada Kolom/Pengisian Website Bisa Dikosongkan, Bila Tidak Memiliki Website Atau Blog) |...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

[ Daftar Isi ]

%d bloggers like this: