Catatan Kecil

Home » History » Pasukan Abadi Persia Berjulukan “Sepuluh Ribu Tentara Abadi”

Pasukan Abadi Persia Berjulukan “Sepuluh Ribu Tentara Abadi”

Julukan yang di berikan oleh Herodotos untuk menyebut pasukan khusus dari Kekaisaran Persia Akhemeniyah adalah Pasukan Abadi Persia (atau berjulukan “Sepuluh Ribu Tentara Abadi”).
 

 

Kekaisaran Akhemeniyah (559 SM hingga 338 SM)
Adalah kekaisaran Persia pertama yang memerintah Iran dan negara negara sekitarnya (Afganistan, Pakistan, Turki Barat, Irak, Arab Saudi Utara, Palestina, Yordania, Israel dan Lebanon.

Luas kekaisarannya diperkirakan seluas 7,5 juta km persegi. Nama Akhemeniyah berasal dari pendiri kekaisaran ini Akhemenes, tetapi teori ini diperdebatkan oleh para sejarawan hingga hari ini.

Raja-raja besarnya, Koresh (Cyrus) dan Daryavaush (Darius) selalu menyebut diri dengan penuh kebanggaan sebagai keturunan Hakhamanish (Akhemenes), leluhur mereka.

 
Pasukan Abadi bertugas sebagai Garda Imperial dan juga sebagai pasukan tempur. Sebagai Garda Imperial, Pasukan Abadi bertugas melindungi kekaisaran jika ada serangan dari luar.
 

Kiri: Formasi Phalanx pasukan Yunani.
Kanan: Pasukan Abadi Persia pada upacara di Iran memperingati 2500 tahun pendirian Kekaisaran Persia Akhemeniyah oleh Koresh yang Agung

 
Sedangkan sebagai pasukan tempur, Pasukan Abadi ikut serta dalam penyerangan yang dilakukan oleh Kekaisaran, salah satunya adalah ketika ekspansi Kekaisaran Persia dan pada Perang Yunani-Persia.
 

Pages: 1 2 3 4


2 Comments

  1. bmw szervíz says:

    Very great post. I simply stumbled upon your blog and wished to mention that I’ve really enjoyed browsing your weblog posts. In any case I will be subscribing on your rss feed and I’m hoping you write once more very soon!

    Like

| Ingin Berkomentar Atau Meninggalkan Pesan...Cukup Dengan Mengisi Pesan / Komentar, Nama Dan Email Anda Pada Kotak Komentar ini (Pada Kolom/Pengisian Website Bisa Dikosongkan, Bila Tidak Memiliki Website Atau Blog) |...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

[ Daftar Isi ]

%d bloggers like this: