Catatan Kecil

Home » Automotive » Mercedes Siapkan SLS Bertenaga Listrik

Mercedes Siapkan SLS Bertenaga Listrik

SEJAK pertama kali SLS AMG mulai diperkenalkan tahun lalu, Mercedes-Benz rupanya telah menyiapkan supercar berpintu sayap camar (gill wing) tersebut dalam versi yang lebih ramah lingkungan bertenaga listrik. Prototipe pertamanya kini sudah siap dipamerkan dengan laburan warna ‘AMG Lumielectric Mango’ kuning terang.

Mercedes-Benz SLS E-Cell digerakkan oleh empat unit motor listrik yang dipasangkan pada setiap poros roda yang terintegrasi dengan reduction gear untuk memutar seluruh empat rodanya. Motor-motor ini mampu berputar pada 12.000rpm dengan tenaga total 526 hp dan torsi 880Nm! Hasilnya, 0-60 mil/jam (96,5 km/jam) dapat dicapai dalam hitungan 4 detik.

Konsekuensi pemasangan motor litrik di roda depan mengharuskan suspensi depan yang aslinya menggunakan model double wishbone diganti menjadi model multi-link dengan peredam model push-rod seperti yang digunakan pada mobil balap F1.

Posisi baterai lithium polymer dipisahkan diantara ‘terowongan tengah’ dan kotak di belakang kokpit. Penyimpan listrik yang sanggup menyajikan daya sebesar 480 kW (setara 643 hp) ini didinginkan oleh dua rangkaian pendingn terpisah.

Front splitter yang mengatur aliran udara di bagian depan diperbesar dan berfungsi mengumpan aliran udara yang diterima oleh perangkat diffuser di bagian belakang untuk menyempurnakan gaya tekan (downforce), sementara bagian interiornya dilengkapi layar 10inci berteknologi touchscreen di bagian konsol tengah.

Menurut kabar, ini bukan sekadar prototipe display, melainkan sudah bisa dikendarai layaknya mobil produksi. Rencanaya Mercedes SLS AMG E-Cell yang belum diketahui kecepatan maksimalnya ini bakal dilempar ke pasar sekitar tahun 2013.

 

[ Recent Posts ] :


| Ingin Berkomentar Atau Meninggalkan Pesan...Cukup Dengan Mengisi Pesan / Komentar, Nama Dan Email Anda Pada Kotak Komentar ini (Pada Kolom/Pengisian Website Bisa Dikosongkan, Bila Tidak Memiliki Website Atau Blog) |...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

[ Daftar Isi ]

%d bloggers like this: