Catatan Kecil

Home » History » Arti Ular Dan Tongkat Sebagai Simbol Dunia Kesehatan

Arti Ular Dan Tongkat Sebagai Simbol Dunia Kesehatan

Sepintas gambar ular dan tongkat dalam dunia medis (kesehatan), terlihat sederhana. Namun tahukah kita bahwa ternyata ada makna yang istimewa dibalik gambar ular-tongkat tersebut..???
 

 
Dalam perkembangannya ada dua versi mengenai gambar ular-tongkat tersebut. Versi yang pertama adalah gambar di mana seekor ular yang melilit sebatang tongkat, yang disebut sebagai tongkat Asclepius (The Staff of Asclepius). Sedangkan versi kedua adalah dua ekor ular yang saling melilit dengan sebuah tongkat dan sepasang sayap di atasnya, yang disebut sebagai tongkat Hermes (The Karykeion of Hermes).
 

Pages: 1 2 3 4


6 Comments

  1. mesran says:

    info yg bermanfa’at,,

    Like

  2. irwan djaman says:

    assalamu’alaikum wr wb

    apa benar katanya lambang tongkat dan ular ini ada hubungannya dgn sejarah yahudi…..
    trmh kasih atas penjelasannya

    Like

    • wa’alaikum salam wr wb…

      Sebelumnya terima kasih banyak sudah berkunjung di [Catatan-Kecil], untuk tongkat dan ular di gunakan sebagai lambang atau symbol dunia kesehatan sesuai dengan referensi (sumber) yang di dapat dan tidak menyebutkan dan disebutkan atau berkaitan dengan sejarah yang disebutkan (Yahudi),tapi bila ada atau terdapat kesamaan tentang sejarah (asal muasal) negara yang bersangkutan, mohon maaf bila ada kekurangan dari [Catatan-Kecil] dalam memberikan referensi atau sumbernya…

      *> Referensi untuk Arti Ular Dan Tongkat Sebagai Simbol Dunia Kesehatan :
      http://en.wikipedia.org/wiki/Rod_of_Asclepius

      Untuk sejarah Yahudi sendiri bisa dilihat dari referensi berikut ini :
      http://ms.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Israel

      Like

  3. Kalau baca di Alkitab Perjanjian Lama, tepatnya Bilangan 21, akan ditemukan bahwa tongkat dan ular itu adalah lambang kesehatan dalam sejarah perjalanan bangsa Israel di padang gurun. Jika melihatnya maka orang Israel yang telah dipagut oleh ular tedung akan menjadi sembuh. Dalam Perjanjian Baru, lambang itu dihubungksn dengan Yesus Kristus selaku Penyembuh manusia dari dosa.

    Like

  4. Anonymous says:

    jika kalau sayap melambangkan apa?

    Like

| Ingin Berkomentar Atau Meninggalkan Pesan...Cukup Dengan Mengisi Pesan / Komentar, Nama Dan Email Anda Pada Kotak Komentar ini (Pada Kolom/Pengisian Website Bisa Dikosongkan, Bila Tidak Memiliki Website Atau Blog) |...

[ Daftar Isi ]